Sempurna atau Bahagia?

Image

 

Berjuang untuk sebuah kesempurnaan sangat jauh berbeda dengan berjuang untuk sebuah kebahagiaan.

Seseorang yang ingin mencapai kesempurnaan hanya akan berfikir tentang bagaimana persepsi orang lain padanya. Apa yang ia dapatkan haruslah pujian dan dan acungan jempol pada tiap amal-amalnya. Dia hanya mau orang tahu bahwa setiap langkah hidupnya adalah tentang kesuksesan dan kesuksesan. Dia suka berkata, “Kalian hanya perlu tahu bahwa saya adalah orang hebat!”. Maka ketika setitik nila saja menodai lembar-lembar keberhasilannya, dia akan cepat jatuh, stress dan selalu dalam ketakutan akan kegagalan dan kegagalan.

Namun seseorang yang berjuang untuk sebuah kebahagiaan adalah mereka yang memahami betul tentang lintasan dirinya. Mereka tidak butuh pujian dan acungan jempol dari orang lain atas amalnya. Yang dia perhatikan adalah tentang bagaimana dia tumbuh dan mengistiqomahkan kebaikan dalam dirinya. Dia sangat memahami bahwa hidup itu bukan tentang jalan menanjak tanpa ada aral melintang. Justru hidup adalah arus penuh gelombang yang musti ia hadapi sebelum menemukan pantai kebahagiaan. Dia harus berjuang, jatuh bangun untuk mencapai impian.

Kawan, 
Akhir yang indah hanyalah bagi mereka yang bertakwa.
Untuk mencapainya, seorang yang beriman telah dijanjikan oleh Alloh akan diuji dengan berbagai cobaan; melalui harta, istri, anak-anak dan sebagainya. Merekalah orang-orang yang mencari kebahagiaan, bukan kesempurnaan.

Untuk itu,
Periksalah diri-diri kita; pencari kesempurnaan ataukah kebahagiaan? Lalu apakah arus hidup yang kita arungi penuh liku atau bahkan landai-landai saja?

Categories: Physics | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: